Postingan

Contoh Soal Aliran Udara (Air Flow)

SOAL 1.       Boudary Layer adalah…. a.        suatu aliran udara yang mengalir dengan kecepatan, tekanan serta kerapatan yang konstan pada setiap saat. b.       batas lapisan udara yang mengalir bergerak melalui sebuah benda dengan kecepatan lapisan udara dari yang terbesar sampai suatu daerah yang mempunyai kecepatan lapisan yang minimum. c.        suatu bentuk yang sedemikian rupa sehingga bila dialiri oleh aliran udara akan menghasilkan aliran udara yang kacau (eddy motion) dalam jumlah yang paling kecil. d.       batas lapisan udara yang mengalir bergerak melalui sebuah benda dengan kecepatan lapisan udara dari yang terkecil sampai suatu daerah yang mempunyai kecepatan lapisan yang maksimum. e.        sebuah bentuk yang menghambat aliran udara dan membuat  aliran laminar. 2.       Steady Flow adalah…. a.        suatu aliran udara yang mengalir dengan kecepatan, tekanan serta kerapatan yang konstan pada setiap saat. b.       hambatan udara yang mengalir diti

Contoh Soal Flight Control

SOAL 1.       S alah satu sistem dalam pesawat terbang untuk mengendalikan pesawat selama terbang. Merupakan pengertian dari…. a. Stability b. Flight Control c. High Lift Devices d. Penyeimbang Aerodinamik e. Aircraft Performent 2.       Primary flight control meliputi…. a. Aileron, elevator, dan rudder b. Plain flap, split flap, dan fowler flap c. Fixed slot, automatic slot, dan blown slot d. Pitching, rolling, dan yawing e. Trim tab, servo tab, dan balanced tab 3.       Secondary flight control (kemudi yang kedua) meliputi …. a. Pitching b. Fixed slot c. Rudder d. Fowler flap e. Bermacam-macam Tab 4.       Salah satu contoh bagian-bagian dari a uxilary flight control (kemudi bantu) adalah…. a. Fixed slot b. Split flap c. Tab d. Speed brake e. double slotted flap 5.       Pengalihan udara ini menghasilkan kekuatan tidak seimbang untuk memutar pesawat seki ta r sumbu. Sumbu yang terhubung pada primary flight control adalah

Aicraft Structure Repair

Gambar
Penjelasan Umum Metoda perbaikan bagian-bagian struktur badan pesawat udara bermacam-macam serta bervariasi, dan tidak ada pola perbaikan yang baku yang telah ditemukan di berbagai kasus kerusakan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pergantian dan perbaikan struktur badan pesawat udara yaitu:   a. Mempertahankan kekuatan aslinya (Maintaining original strength), artinya kekuatan material pengganti harus sama dengan kekuatan material aslinya.  b. Tipe,ukuran dan jumlah rivet yang dibutuhkan dihitung sesuai aturan ,agar kekuatannya sama dengan aslinya.  c. Ketebalan ( thickness) material pengganti sama dengan tebal aslinya.  d. Jenis material pengganti tidak lebih berat dari material aslinya ( keeping weight to a minimum ).  e. Mempertahankan bentuk contour sesuai aslinya ( maintaining original contour), artinya mempertahankan dan membuat contour perbaikan struktur komponen sesuai dengan bentuk aslinya.  Perbaikan struktur rangka /badan pesa