Weight and Balance
Pengertian Weight
Pengertian
weight menurut Ibrahim Shahib (1997:17) yg dimaksud weight adalah ukuran dan
gaya gravitasi bumi terhadap benda material.kekuatan gravitasi berpengaruh pada
massa pesawat, sedangkan beban pesawat tergantung pada beban pesawat dan jumlah
muatan.
Pengertian Balance
Pengertian balance atau
keseimbangan mengacu pada posisi center of gravity pada pesawat. Yang dimaksud
balance adalah titik pusat antara bagian depan dan bagian belakang pesawat
dimana CG harus terletak dalam keadaan seimbang. International Air Transport
Association (IATA)menjekaskan bahwa total nilai dan momen (weight x arm)
pesawat yg bergerak searah jarum jam sebanding dengan total nilai momen pesawat
yg bergerak tidak searah dengan jarum jam. Maka kondidi tersebut dinamakan
balance.
Prinsip –prinsip weight and balance menurut Ibrahim Sahib :
1.Prinsip-prinsip berat kekuatan daya
angkut pesawat dijalankan oleh airfiol yg menghasilakn kekuatan agar pesawat
tetap berada di udara.
2. Pengaruh segalan bentuk muatan yg
menyebabkan tambahnya total weight adalah suatu hal yg harus dihindari selama
penerbangan.
Dampak dari over weight
Ada beberapa hal yg dapat ditimbulkan oleh kondisi pesawat yg over weight atau over load antara lain :
a)Lowered structural safety
(mengurangi keamanan struktural).
b)Reduced manuverability (mengurangi
tingakt manuver).
c) Increased Take
Off Run (memperpanjang jalur untuk lepas landas).
d) Lowered Angle
and Rate of Climb (mengurangi sudut dan tinggi kecepatan pesawat di udara).
e) Lowered ceiling
( ketinggian terbang yg rendah ).
f) Incresed fuel
consumption ( meningkatkan komsusi bahan bakar)
g) Overstressed Tires
(tekanan ban yg berlebihan)
h) Increased Stalling
Speed (mengurangi tingkat kecepatan)
Setiap pesawat mempuunyai weight restrictiion tertentu yg ditentukan oleh pabrik pembuat pesawat tersebut. IATA memaparkan empat jenis berat yg harus diperhatikan oleh para operator penerbangan yaitu sebagai berikut :
1.Penumpang untuk hitungan berat
dalam loadsheet, standart berat berikut ini diterapkan untuk penumpang yg harus diterapkan untuk loadsheet calcukatio
Standart berat berikut termasuk personal effect dan cabin bagagge:
a. Dewasa,
dengan kode ADH seseorang dikategorikan penumpang dewasa jika telah beumur 12
tahun. Berat rata-rata untuk penumpang dewasa adalah 154 lbs atau setara dengan
74 kg.
b. Anak-anak,
dengan kode CHD seorang penumpang dikategorikan sebagai penumpang anal-anak
jika berumur 2-11 tahun dan beratnya 77lbs atau setara 35 kg.
c. Bayi,
penumpang yg dikategorikan sebagai bayi jika berumur 0-23 bulan dan beratnya 22
lbs atau 10 kg
2. Awak pesawat
( crew ) berat rata-rata pada cockpit crew 176 lbs atau 80 kg
3. Bagasi (
bagagge) jatah bagasi : 20kg untuk B737 dan 10 kg untuk ATR 42. Bagasi tas
tangan standar dengan maksimum berat 7 kg dan dimensi ukuran 40 x30 x 15 cm jet
boeing.
Terimakasih informasinyaa
BalasHapus