Weight and Balance

Pengertian Weight

Pengertian weight menurut Ibrahim Shahib (1997:17) yg dimaksud weight adalah ukuran dan gaya gravitasi bumi terhadap benda material.kekuatan gravitasi berpengaruh pada massa pesawat, sedangkan beban pesawat tergantung pada beban pesawat dan jumlah muatan.


Pengertian Balance

Pengertian balance atau keseimbangan mengacu pada posisi center of gravity pada pesawat. Yang dimaksud balance adalah titik pusat antara bagian depan dan bagian belakang pesawat dimana CG harus terletak dalam keadaan seimbang. International Air Transport Association (IATA)menjekaskan bahwa total nilai dan momen (weight x arm) pesawat yg bergerak searah jarum jam sebanding dengan total nilai momen pesawat yg bergerak tidak searah dengan jarum jam. Maka kondidi tersebut dinamakan balance.

Prinsip –prinsip weight and balance menurut Ibrahim Sahib :

1.Prinsip-prinsip berat kekuatan daya angkut pesawat dijalankan oleh airfiol yg menghasilakn kekuatan agar pesawat tetap berada di udara.
2. Pengaruh segalan bentuk muatan yg menyebabkan tambahnya total weight adalah suatu hal yg harus dihindari selama penerbangan.

Dampak dari over weight

Ada beberapa hal yg dapat ditimbulkan oleh kondisi pesawat yg over weight atau over load antara lain :

a)Lowered structural safety (mengurangi keamanan struktural).
b)Reduced manuverability (mengurangi tingakt manuver).
c) Increased Take Off Run (memperpanjang jalur untuk lepas landas).
d) Lowered Angle and Rate of Climb (mengurangi sudut dan tinggi kecepatan pesawat di udara).
e) Lowered ceiling ( ketinggian terbang yg rendah ).
f) Incresed fuel consumption ( meningkatkan komsusi bahan bakar)
g) Overstressed Tires (tekanan ban yg berlebihan)
h) Increased Stalling Speed (mengurangi tingkat kecepatan)

Setiap pesawat mempuunyai weight restrictiion tertentu yg ditentukan oleh pabrik pembuat pesawat tersebut. IATA memaparkan empat jenis berat yg harus diperhatikan oleh para operator penerbangan yaitu sebagai berikut :

1.Penumpang untuk hitungan berat dalam loadsheet, standart berat berikut ini diterapkan untuk penumpang yg  harus diterapkan untuk loadsheet calcukatio
Standart berat berikut  termasuk personal effect  dan cabin bagagge:
a. Dewasa, dengan kode ADH seseorang dikategorikan penumpang dewasa jika telah beumur 12 tahun. Berat rata-rata untuk penumpang dewasa adalah 154 lbs atau setara dengan 74 kg.
b. Anak-anak, dengan kode CHD seorang penumpang dikategorikan sebagai penumpang anal-anak jika berumur 2-11 tahun dan beratnya 77lbs atau setara 35  kg.
c. Bayi, penumpang yg dikategorikan sebagai bayi jika berumur 0-23 bulan dan beratnya 22 lbs atau 10 kg
2. Awak pesawat ( crew ) berat rata-rata pada cockpit crew 176 lbs atau 80 kg
3. Bagasi ( bagagge) jatah bagasi : 20kg untuk B737 dan 10 kg untuk ATR 42. Bagasi tas tangan standar dengan maksimum berat 7 kg dan dimensi ukuran 40 x30 x 15 cm jet boeing.











Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight Control

Aicraft Structure Repair

Gaya-Gaya yang Bekerja Pada Pesawat

Contoh Soal Flight Control